Informasi, Komunikasi dan Silaturahmi

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433 H

Dari Salman r.a. meriwayatkan: Pada hari terakhir Bulan Sya’ban, Rasulullah saw berkhutbah kepada kami, “ Wahai manusia, kini telah dekat kepadamu satu bulan yang agung , bulan yang sarat dengan berkah, yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik (nilainya) dari seribu bulan. Inilah bulan yang Allah tetapkan shaum pada siang harinya sebagai fardhu, dan shalat Tarawih pada malam harinya sebagai sunnah. Barang siapa ingin mendekatkan dirnya kepada Allah pada bulan ini dengan suatu amalan sunnat, maka pahalanya seolah-olah ia melakukan amalan fardhu pada bulan-bulan yang lain. Dan barangsiapa melakukan amalan fardhu pada bulan ini, maka ia akan dibalas dengan pahala seolah-olah telah melakukan tujuh puluh amalan fardhu pada bulan lain. Inilah bulan kesabaran dan ganjaran bagi kesabaran yang sejati adalah surga, bulan ini juga merupakan bulan simpati terhadap sesama. Pada bulan inilah rezeki orang-orang beriman ditambah. Barang siapa memberi makan (untuk berbuka shaum) kepada orang yang shaum maka kepadanya dibalas dengan keampunan terhadap dosa-dosanya dan dibebaskan  dari api neraka jahanam dan dia juga memperoleh ganjaran yang sama sebagaimana orang yang shaum tadi tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang shaum itu.
Kami pun berkata, “ Ya Rasulullah! Tidak semua orang di antara kami mempunyai sesuatu yang dapat diberikan kepada orang yang shaum untuk berbuka.”
Rasulullah saw menjawab, “Allah akan mengaruniakan balasan ini kepada seseorang  yang memberi buka walaupun hanya dengan sebiji kurma, atau seteguk air atau seisap susu. Inilah bulan yang pada sepuluh hari pertamanya Allah menurunkan rahmat, sepuluh hari pertengahan Allah memberikan keampunan, dan pada sepuluh hari terakhir Allah membebaskan hambanya dari api neraka jahanam. Barangsiapa yang meringankan beban hamba sahayanya pada bulan ini , maka Allah swt akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah  pada bulan ini 4 perkara. Dua perkara yang mendatangkan keridhaan Rabbmu dan yang dua lagi kamu pasti memerlukannya. Dua perkara yang mendatangkan keridhaan Allah yaitu hendaknya kalian membaca kalimat thayibah dan istighfar sebanyak-banyaknya. Dan dua perkara yang kita pasti memerlukannya yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung kepada-Nya dari api Neraka Jahanam. Dan barangsiapa memberi minum kepada orang yang shaum (untuk berbuka), maka Allah akan memberinya minum dari telagaku (Haudh) yang sekali minum saja dia tidak akan merasakan dahaga lagi sehingga dia memasuki surga. ~(Hr Ibnu Khuzaimah dalam sahihnya)~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s