Informasi, Komunikasi dan Silaturahmi

Difusi Inovasi dengan Media Animasi Berbasis CD Tutorial Mata Pelajaran Geografi

I. Deskripsi Difusi Inovasi

Karakteristik mata pelajaran geografi yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya. Karakteristik tersebut menunjukkan perlunya suatu media pembelajaran. Adapun media yang tepat digunakan pada mata pelajaran geografi kelas X semester 1 yaitu dengan menggunakan animasi karena media ini dapat mejelaskan materi mendekati keadaan sebenarnya. Hal ini yang mendasari pentingnya pemahaman materi dengan animasi yang dibuat dengan sofware makromedia flash agar lebih menarik perhatian siswa pada proses belajar mengajar di kelas daripada yang bersifat manual, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pada mata pelajaran geografi, media dapat meningkatkan pemahaman, aktivitas dan prestasi siswa. Penggunaan media bola langit, globe, animasi dan SIG (Sistem Informasi Geografi) yang saling melengkapi dan dapat diakses dalam waktu yang sangat singkat dapat membangkitkan daya imajinasi siswa (Yarmaidi dan Pargito, 2006: 60).

Berikut ini merupakan gambaran umum media animasi sebagai inovasi yang digunakan:

a. Intro Pada saat program dijalankan yang pertama tampil adalah gambar yang secara otomatis dapat bergerak diiringi suara musik yang mengalun sampai media pembelajaran ditutup. Intro digunakan sebagai pengantar dalam memberikan informasi mengenai judul program berupa tayangan video hasil editing Sofware VCD Cutter 4.0, judul media, standar kompetensi dan kompetensi dasar serta tujuan pembuatan media bagi siswa. Terdapat tombol ENTER untuk masuk ke menu utama.

b. Menu Utama Menu Utama merupakan tampilan awal yang berfungsi untuk membuka submenu berikutnya. Interface (tampilan) menu utama sebelumnya dibuat dengan Software Macromedia Flash 8.0 dan Adobe Photoshop CS, setelah dari Photoshop kemudian disimpan dengan format jpeg. Pada form/tampilan ini terdapat pilihan(option) yaitu: Submenu proses terjadinya bumi, Submenu karakteristik perlapisan bumi,  Submenu Teori lempeng tektonik, Submenu tata surya dan jagad raya, Penutup Submenu digunakan untuk membuka materi pelajaran sesuai dengan bahan yang akan disampaikan guru di depan kelas.

c. Submenu Proses Terjadinya Bumi Pada submenu proses terjadinya bumi berisikan materi tentang Teori Kabut Kant-Laplace dan Teori Protoplanet. Aplikasi yang digunakan dalam membuat tampilan pada form ini menggunakan sofware Macromedia Flash 8.0 dan Adobe Photoshop cs. Klik pada teks proses terjadinya bumi untuk membuka materi yang terdapat di dalam tombol tersebut.

d. Submenu Karakteristik Perlapisan Bumi Tombol karakteristik perlapisan bumi terdapat pada pilihan kedua di bawah tombol proses terjadinya bumi. Pada submenu karakteristik perlapisan bumi terdapat materi tentang bentuk-bentuk muka bumi dan struktur lapisan dalam bumi terdiri dari kerak bumi (crush), selimut (mantle) dan inti bumi (core). Aplikasi yang digunakan dalam membuat tampilan pada form ini menggunakan sofware Adobe Photoshop cs yang berformat jpeg. Klik pada teks karakteristik perlapisan bumi untuk membuka materi yang terdapat di dalam tombol tersebut.

e. Submenu Teori Lempeng Tektonik Tombol teori lempeng tektonik terdapat pada pilihan ketiga di bawah tombol karakteristik perlapisan bumi. Pada submenu teori lempeng tektonik terdapat sub submenu yang berisikan pilihan tombol pembuka materi yaitu; Pemisahan pangea, berisikan materi tentang animasi proses pemisahan pangea sampai zaman sekarang, Lempeng tektonik, berisikan materi tentang dua belas persebaran lempeng tektonik di dunia, Jenis pergerakan lempeng, berisikan materi tentang jenis-jenis pergerakan lempeng tektonik yaitu divergensi, konvergensi dan transformasi, Jalur pegunungan, terdapat materi mengenai jalur pegunungan di dunia dan Indonesia disertai visualisasi terjadinya gunung meletus, Jalur gempa bumi, terdapat materi mengenai jalur gempa bumi di dunia dan Indonesia disertai audio visual terjadinya gempa bumi di Aceh tahun 2004. Aplikasi yang digunakan dalam membuat tampilan pada form ini menggunakan sofware Macromedia Flash 8.0, VCD Cutter 4.0, dan Adobe Photoshop cs yang berformat jpeg. Klik pada teks karakteristik perlapisan bumi untuk membuka materi yang terdapat di dalam tombol tersebut. f. Submenu Tatasurya dan Jagad Raya Tombol Tatasurya dan Jagad Raya terdapat pada pilihan keempat di bawah tombol Teori Lempeng Tektonik. Pada submenu tatasurya dan jagad raya terdapat sub submenu yang berisikan pilihan tombol pembuka materi selanjutnya yaitu; Jagad Raya, berisikan materi tentang pembentukan jagad raya teori bigbang disertai animasi proses terjadinya teori ini, Matahari, berisikan materi tentang pengertian dan karakteristik matahari, Planet, pada submenu planet akan dijumpai animasi proses peredaran planet mengitari matahari (revolusi). Kemudian terdapat sub submenu planet yang mendeskripsikan planet merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus dan neptunus, Komet, mendeskripsikan materi tentang komet serta animasi perjalanan komet mendekati dan menjauhi matahari, Meteor, mendeskripsikan materi tentang meteor, Bulan, mendeskripsikan materi tentang bulan, animasi terjadinya gerhana matahari serta animasi terjadinya gerhana bulan. Aplikasi yang digunakan dalam membuat tampilan pada form ini menggunakan sofware Macromedia Flash 8.0, dan Adobe Photoshop cs yang berformat jpeg. g. Penutup Tombol penutup terdapat pada bagian bawah sebelah kanan pada media pembelajaran geografi. Klik sekali pada tombol tersebut maka akan muncul kotak dialog pertanyaan dengan pilihan ya dan tidak. Jika memilih ya maka secara otomatis akan muncul form penutup yang berisikan profil pembuat media pembelajaran, kemudian aplikasi media animasi ini secara keseluruhan akan tertutup. Jika memilih pilihan tidak akan kembali ke menu utama.

II. Elemen-Elemen yang Ada Dalam Difusi Tersebut

A. Komunikasi dan Salurannya

Komunikasi adalah proses dimana partisipan menciptakan dan berbagi informasi satu sama lain untuk mencapai suatu pemahaman bersama. Seperti telah diunkapkan sebelumnya bahwa difusi dapat dipandang sebagai suatu tipe komunikasi khusus dimana informasi yang dipertukarkannya adalah ide baru (inovasi). Dengan demikian, esensi dari proses difusi adalah pertukaran informasi dimana seorang individu mengkomunikasikan suatu ide baru ke seseorang atau beberapa orang lain. Rogers menyebutkan ada empat unsur dari proses komunikasi ini, meliputi: 1) inovasi itu sendiri; 2) seorang individu atau satu unit adopsi lain yang mempunyai pengetahuan atau pengalaman dalam menggunakan inovasi; 3) orang lain atau unit adopsi lain yang belum mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan inovasi; dan 4) saluran komunikasi yang menghubungkan dua unit tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi dalam proses difusi adalah upaya mempertukarkan ide baru (inovasi) oleh seseorang atau unit tertentu yang telah mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan inovasi tersebut (innovator) kepada seseorang atau unit lain yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai inovasi itu (potential adopter) melalui saluran komunikasi tertentu. Adapun elemen difusi ini terletak pada CD tutorial sebagai difusi komunikasi dan salurannya.

B. Waktu

Waktu merupakan salah satu unsur penting dalam proses difusi. Dimensi waktu, dalam proses difusi, berpengaruh dalam hal: 1) proses keputusan inovasi, yaitu tahapan proses sejak seseorang menerima informasi pertama sampai ia menerima atau menolak inovasi; 2) keinovativan individu atau unit adopsi lain, yaitu kategori relatif tipe adopter (adopter awal atau akhir); dan 3) rata-rata adopsi dalam suatu sistem, yaitu seberapa banyak jumlah anggota suatu sistem mengadopsi suatu inovasi dalam periode waktu tertentu. Adapun waktu dalam difusi inovatif terletak pada saat guru menyampaikan materi menggunakan media animasi.

C. Sistem Sosial

Sangat penting untuk diingat bahwa proses difusi terjadi dalam suatu sistem sosial. Sistem sosial adalah satu set unit yang saling berhubungan yang tergabung dalam suatu upaya pemecahan masalah bersama untuk mencapai suatu tujuan. Anggota dari suatu sistem sosial dapat berupa individu, kelompok informal, organisasi dan atau sub sistem. Proses difusi dalam kaitannya dengan sistem sosial ini dipengaruhi oleh struktur sosial, norma sosial, peran pemimpin dan agen perubahan, tipe keputusan inovasi dan konsekuensi inovasi. Sistem sosial merupakan masyarakat belajar yang terdiri dari guru, siswa dan warga belajar lainnya dalam difusi inovasi media animasi. (..)

5 responses

  1. Good pak,
    oh ya kalau saya boleh komentar media kemarin sudah bagus. hanya perlu di perbaiki videonya aja…

    Sound dan scenario perekamannya …

    setelah itu ..
    siap untuk di komersialkan …

    Mantap..

    Agustus 27, 2010 pukul 12:54 am

  2. Iya, saya masih cari solusi gimana proses rekamannya biar bagus pak..

    Agustus 27, 2010 pukul 1:51 am

  3. solusinya anda rekam dengan camtasia pada komputer yang bagus. dan yang penting mixing suaranya ….

    November 5, 2010 pukul 3:56 pm

  4. mantaf ajalah walawpun belum didengar. tapi usulan pakai camtasia boleh juga tuh. soalnya dah pernah nyoba.

    Januari 3, 2011 pukul 6:52 pm

  5. evy

    mas, tolong dong kirimkan ke email saya teori-teori tentang animasi seperti karakteristik sampai prototifenya, penting banget karena saya di daerah susah cari bukunya. kebetulan sedang tugas akhir yang berkaitan tentang animasi.

    Februari 7, 2011 pukul 10:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s